Bloggado

Blog informasi, koleksi blogger template, gambar desain rumah, informasi Kecantikan, Kesehatan dan Lain-lain.

Cara Membuat Blog di Blogspot.com

Membuat blog gratisan di Blogspot.com bukanlah hal sulit, bahkan sebenarnya sangat mudah sekali, namun bagi beberapa orang atau bagi para pemula yang baru mengenal dunia blogging mungkin saja hal ini akan terasa sulit. Untuk itu pada kali ini saya akan sedikit memberikan petunjuk alias tutorial yang mungkin juga telah banyak anda temui bertebaran di mana-mana tentang "Bagaimana cara membuat blog di blogspot.com".

Blogspot.com



Sebelumya perlu kita tahu dulu Apa Blog dan siapa Blogspot itu, Blog sebenarnya banyak sekali didunia ini, bebagai macam CMS (Content Management System) dapat Anda jumpai di Internet, mulai dari Blogger, Wordpress, Joomla dan masih banyak lagi, mereka mempunya banyak keunggulan dan tentu saja mempunyai beberapa kekurangan, namun karena pada kali ini saya akan menulis tentang cara membuat blog di blogspot.com (Blogger.com) maka bahasan saya persempit ke topik tersebut, Ok langsung saja, blogger ini pertama kali dipopulerkan oleh sebuah perusahaan perangkat lunak yang bernama Pyra Labs yang didirikan oleh Evan Williams dan Meg Hourihan pada 23 Agustus 1999, Blogger tercatat sebagai salah satu perangkat publikasi blog pertama di dunia, dan akhirnya pada tanggal 13 Februari 2003 yang lalu Blogger.com diakuisisi oleh Google.Com. Semenjak itu pula, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat open source yang diperuntukkan dan berkutat pada pembuatan blog.

Dari segi fungsi, blog sendiri mempunyai fungsi yang sangat beragam, misalkan digunakan dalam pembuatan sebuah catatan harian, media publikasi berita, media publikasi kampanye politik dan masih banyak lagi, bahkan dalam perkembangannya blogpun banyak dijadikan sebagai ajang interaksi antara pemilik blog dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan dan lain-lain. Semua hal tersebut akhirnya berkembang hingga sekarang Blogger.com telah tumbuh menjadi salah satu CMS terbesar yang paling banyak digunakan oleh blogger-blogger di dunia. Sebagaimana perkembangannya bahkan saat ini banyak sekali para netter yang menggantungkan hidupnya meraih pundi-pundi dollar melalui Blogger.

Itulah sekilas tentang sejarah Blogger.com alias Blogspot.com untuk selanutnya inilah caranya membuat blog di blogspot.com, untuk mendapatkan blog di blogspot.com yang pertama Anda miliki tentu saja Gmail, gmail ini adalah account yang wajib Anda miliki untuk membuat blog di Blogger.Com. Ikuti langkah berikut ini :

1. Buka www.blogger.com dan Anda akan dihadapkan pada tempat login Account, loginlah menggunakan account Gmail Anda yang sekaligus itu merupakan Account blogger Anda nantinya

2. Setelah Anda masuk ke Account blogger maka Anda akan berada pada halaman seperti dibawah ini, kemudian Anda klik tombol "Blog Baru", itulah tombol pertama kai untuk meng create blogspot Anda.


Cara Membuat Blog di Blogspot

3. Langka selanjutnya adalah membuat Title atau judul dan alamat blog, seperti gambar dibawah ini Anda harus mengisi Form Judul dengan Judul yang nantinya akan menjadi Title Home blog Anda, dibawahnya ada kolom Alamat, disini Anda bebas mengisikan dengan apapun yang nantinya akan menjadi URL atau alamat blog Anda, misalnya : ininamablogsaya.blogspot.com, setelah Anda mengisi form alamat dan disitu tertulis "Alamat blog ini tersedia" berarti Anda sudah mempunyai Url blog yang bisa Anda gunakan untuk blogging, step selanjtnya adalah memilih Template atau tampilan blog Anda, dengan meng klik salah satu tempat maka itu yang akan menjadi tampilan blog Anda nantinya.

Cara Membuat Blog di Blogspot


4. Setelah semua hal diatas telah Anda lakukan maka selanjutnya adalah klik bagian Buat Blog, disitu maka Anda akan diarahkan ke bagian Finishing pembuatan blogspot.

Cara Membuat Blog di Blogspot

5. Blog sudah jadi, pada tahap dibawah ini, lihat gambar dibawah ini maka blog Anda kini sudah jadi dan bisa untuk mulai memposting artikel-artikel Anda.

Cara Membuat Blog di Blogspot

Itu tadi beberapa step atau cara membuat blogspot yang coba saya jelaskan, mohon maaf sebelumnya jika tulisanya belepotan dan jauh dari sempurna, untuk bagaimana cara posting artikel akan coba nanti saya sampaikan di artikel berikutnya. :) Selamat mencoba.

Cara Membuat Blog di Blogspot.com Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Post a Comment