Bloggado

Blog informasi, koleksi blogger template, gambar desain rumah, informasi Kecantikan, Kesehatan dan Lain-lain.

Tips Memilih Furniture Rumah Klasik dan Minimalis

Memilih sebuah furniture untuk rumah memang sebenarnya hal yang biasa dilakukan oleh semua orang, khususnya untuk keluarga yang sudah mempunyai rumah tentunya, namun harus anda tahu jika furniture yang dipakai tidak sesuai maka ini juga akan sangat berpengaruh terhadap tipe rumah yang kita miliki, misalkan saja untuk rumah minimalis jika digunakan furniture yang klasik maka akan kurang cocok untuk dipandang, begitupun juga sebaliknya untuk rumah yang bertipe klasik maka akan cukup aneh jika digunakan furniture yang bertipe klasik

Hal ini perlu diperhatikan ketika kita akan membeli sebuah furniture, kita haru mengetahui betul jenis furniture seperti apa yang nantinya akan kita pasangkan untuk rumah kita sehingga furniture tersebut akan tampak lebih pas dan enak untuk dipandang mata, tentu saja kita harus mempunyai banyak pilihan dong, hal ini bisa dilkukan dengan mendatangi banyak toko furniture sehingga kita mempunyai banyak pandangan atau pilihan sebelum kita membeli salah satu furniture tersebut.

Namun sebelum m\mendatangi penjual alangkah baiknya jika sebelumnya kita sudah melakukan pengamatan kecil-kecilan pada ruang dalam rumah yang akan kita isi dengan furniture, beberapa yang perlu diperhatikan antara lain adalah warna dinding, luas ruang, tinggi plafon, aksesoris ruang serta hal-hal lainnya yang menyangkut tema yang dipilih, misalnya tema klasik, atau mediterania, atau minimalis, atau tradisional, bali, jawa, kontemporer dan lain sebagainya .

1. Memilih Desain Furniture Rumah yang tepat

Ruang yang besar bisa diisi dengan bermacam-macam desain furniture dan desain mebel. Dalam sebuah ruang yang besar, Anda bisa membagi area-area kedalam beberapa area yang berbeda. Ruang yang besar bisa memberikan banyak pilihan untuk penataan desain furnitur, desain mebel. Tetapi jangan lupa, bila terlalu banyak ruang yang kosong, bisa terjadi kesan ‘dingin’. Ruang yang besar tidak selalu membutuhkan sekat tertutup, untuk tetap mempertahankan kesan luas, kita  bisa melakukan penyekatan dengan objek yang terkesan terbuka.

Untuk ruang yang sempit (ruang 3 x 3 meter adalah ruang yang cukup sempit), gunakan desain furnitur yang terkesan ringan dan kecil. desain furnitur kecil bisa memberikan efek kelegaan pada ruangan tersebut. Ruang kecil juga dapat terkesan besar bila jumlah furniture dan desain mebel sedikit dan terdapat obyek dinding yang cukup besar (bisa menggunakan lukisan, foto, warna dinding atau kaca)

2. Pemilihan warna Furniture

Furniture bisa dipadu-padankan dengan warna dinding. Idealnya, warna perabot adalah warna yang senada dengan cat dinding. Bila tembok ruangan berwarna krem, usahakan warna perabot berkisar dalam warna monokrom krem atau yang senada. Warna-warna tersebut merupakan warna dasar dan bisa juga menjadi warna yang lebih pastel atau lebih gelap. Anda tidak harus menggunakan jasa desainer untuk menata ruang anda, selama anda merasa nyaman dengan hasil desain anda sendiri, tetapi untuk hasil yang maksimal tidak ada salahnya anda menggunakan jasa desainer.

3. Pemilihan Tema Furniture

Untuk pemilihan tema, sesuaikan dengan karakter diri atau keluarga Anda. Sebuah tema mencerminkan kepribadian pemiliknya dan penataannya pun haruslah konsisten. sebagai contoh; bila Anda adalah pencinta seni, tentu saja desain klasik sangat cocok untuk anda, dimana tema tersebut sangat mudah dipadu padankan dengan koleksi seni anda. Tentunya tidak lucu bila Anda mempunyai sebuah sofa minimalis pada ruangan dengan gaya klasik.

Begitupun juga ketika anda sudah memikirkan salah satu pilihan Anda terkait pemilihan konsem, misalkan saja jika anda sudah menentukan pilihan untuk menggunakan perabotan berdesain minimalis, entah itu untuk furniture kamar tidur minimalis atau mungkin untuk digunakan dalam dapur yang minimalis atau desain ruang tamu minimalis, semuanya harus dipilih dengan hati-hati dengan berpatokan pada konsep seperti apa yang diinginkan. Jika anda menginginkan perabotan atau furniture anda berkonsep minimalis simak beberapa tips berikut ini ketika anda akan membeli furniture :

1. Pemilihan bahan perabotan minimalis

Pemilihan bahan yang pas dapat mengentalkan konsep rumah minimalis yang ingin Anda hadirkan pada rumah minimalis Anda. Saat ini banyak sekali jenis bahan yang bisa dipilih sebagai perabotan, mulai dari kayu, kaca hingga kuningan. Anda tidak harus menggunakan perabotan mewah untuk membuat ruangan rumah minimalis Anda terlihat menarik, karena dengan menggunakan industri rumah tangga akan lebih efektif serta murah dengan hasil yang bagus pula.

Untuk menentukan jenis bahan yang akan Anda pilih, sebaiknya Anda menentukan terlebih dulu konsep ruangan yang akan Anda pilih, apakah konsep ruangan tersebut, klasik, modern atau futuristik. Perabotan berbahan kayu sangat cocok digunakan untuk konsep ruangan klasik, sedangkan kombinasi kaca yang dikombinasikan dengan logam aluminium atau besi bisa digunakan untuk konsep modern maupun futuristik.

2. Melihat ukuran perabotan dan suhu ruangan

Akan lebih baik jika ukuran perabotan rumah minimalis yang akan Anda pilih disesuaikan terlebih dahulu dengan ruangan yang tersedia, sehingga tidak menimbulkan kesan ruangan yang terlalu penuh. Selain itu Anda juga harus memperhatikan suhu ruangan. Jika suhu ruangan tersebut sejuk Anda bisa memilih perabotan berbahan kayu. Tapi jika suhu ruangan tersebut panas perabotan logam dan kaca bisa menjadi alternatif pilihan Anda.

3. Bentuk furniture harus kecil dan ramping

Dengan menggunakan perabotan yang berbentuk kecil dan ramping akan membuat ruangan rumah minimalis Anda menjadi lebih luas. Saat ini sudah banyak perabotan yang bisa Anda jadikan pilihan terbaik.

4. Furniture dibuat satu set

Untuk membuat ruangan lebih menawan  Anda bisa memesan pada tukang perabotan dalam bentuk satu set sehingga bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Misalnya Kitchen Set, Wardrobe, TV set, Office Set, dan lain sebagainya.

5. Perhatikan desain perabot

Desain perabot dengan presisi yang tegas menjadi ciri khas pada arsitektur maupun perabotan rumah minimalis. Oleh sebab itu Anda bisa memilih meja atau kursi yang memiliki desain perabotan minimalis sederhana, sedikit, ataupun tanpa ornamen. Dengan memilih aksesori yang minim dan ornamen minim tersebut bisa memudahkan Anda melakukan perawatan selain itu ruangan terksesan lebih lapang sehingga cocok jika diterapkan pada rumah minimalis.

Untuk itulah diperlukan waktu dan ketelitian yang jeli ketika anda ingin mengisi perabitan atau furniture rumah anda, baik rumah anda yang bertipe klasik ataupun rumah yang bertipe minimalis masing-masing mempunyai karakter furniture yang cocok sendiri-sendiri, tidak bisa semuanya disamakan karena akan berpengaruh terhadap enak tidaknya nanti dilihat rumah Anda.

Cukup sekian dulu tips yang bisa saya berikan untuk anda, semoga bermanfaat, untuk informasi menarik lainnya silahkan baca di halaman sitemap berikut ini.

Tips Memilih Furniture Rumah Klasik dan Minimalis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Post a Comment