Bloggado

Blog informasi, koleksi blogger template, gambar desain rumah, informasi Kecantikan, Kesehatan dan Lain-lain.

Cara Membuat Artikel Konten Yang Memenuhi Kriteria SEO

Cara menulis artikel SEO memang menjadi pertanyaan bagi semua orang yang berkutat di dunia Blogging, hal ini selalu menjadi bahasan yang menarik, dimana sudah pasti setiap pemilik blog atau suatu situs akan selalu berusaha agar artikel atau postingannya bisa berada pada page 1 atau urutan 10 besar pada sebuah pencarian kata kunci yang ditargetkan.

Cara Membuat Artikel SEO
Tentu saja bukan hal yang mudah untuk melakukan itu, berbagai riset kecil ataupun juga besar ditempuh agar mendapatkan hasil yang maksimal dalam melakukan proses SEO (Search Engine Optimation), dan tentu saja meski telah dilakukan usaha sana dan sini hasil setiap blog atau web tidak akan sama, hal inilah yang menjadi pertanyaan, lalu dimanakah letak perbedaan tersebut? meski diilakukan hal yang sama namun tetap saja hasilnya berbeda, bila menurut pendapat saya, yang paling mempengaruhi sebuah postingan berada di page 1 di Search Engine adalah berada pada konten, ada istilah dalam dunia Blogging yang mengatakan bahwa "Content is The King, Backlink is The Queen", artikel yang bagus atau konten adalah rajanya alias yang terpenting dan yang selanjutnya Offpage berupa backlink adalah ratunya, bahkan tanpa Backlink sekalipun sebenarnya bila konten sudah bagus dan dan banyak pembaca yang memberikan Social signal maka artikel tersebut dengan sendirinya akan berada di urutan bagus di Serp, khususnya pada Alogaritma Google akhir-akhir ini.

Lalu pertanyaanya adalah, bagaimana menulis konten yang memenuhi kriteria SEO tersebut? berikut coba saya tulisakan dibawah, dan jika mungkin ada beberapa kekurangan sebelumnya saya mohon maaf...

 1. Penulisan judul yang benar, beberapa diantaranya perlu diperhatikan adalah,

  • Janganlah menggunakan kata yang di filter oleh search engine seperti adalah, ialah dan sejenisnya (bila bahasa indonesia) atau is, are, it dsb (bila bahasa inggris)
  • Sebisa mungkin jangan memakai kata yang tidak ada relevan dengan artikel.
  • Jangan menggunakan separator.
  • Pastikan tidak ada satu katapun yang salah dalam ejaan.
2. Jumlah kata yang memadai.

Hal ini perlu diperhatikan, meskipun tidak pasti tapi alangkah baiknya jika jumlah kata yang digunakan ada dikisaran diatas 500, secara logika saja jika kita ingin menerangkan suatu hal atau memberikan sebuah Informasi secara jelas tentu saja kita akan memerlukan kata-kata yang cukup banyak, mungkin itu pula yang yang menjadi salah satu pertimbangan Google atau search engine lainnya untuk menilai bahwa sebuah blog post berkualitas atau tidak, but who know??... saya sendiri juga gak tau, hanya berpendapat saja.

3. Penggunaan format Heading, Bold, Italic dan Underline

Menurut point nomer 3 ini penting, namun harus diperhatikan untuk porsinya, jumlah kata atau kalimat yang di format tersebut jangan berlebihan, meskipun benar kita menargetkan Keywords tertentu namun jika pemakainnya salah maka juga akan berakibat kurang bagus di mata search angine dan ditambah lagi juga kurang sopan dilihat dari mata pembaca, harus tetap pada porsinya.

4. Masukkan kata kunci yang Anda targetkan

Masukkan kata kunci yang ingin Anda target ke dalam artikel, namun juga perlu diingat bahwa jangan berlebihan karena jika Anda memasukan terlalu banyak kata kunci di dalam artikel kesannya Anda telah melakukan Keyword Stuffing dan tentu saja itu dilarang oleh mesin pencari khususnya Google.

5. Sertakan gambar atau video dalam konten Anda.

Masukkan gambar atau video ke dalam artikel yang nantinya bertujuan untuk lebih menjelasakan maksud dari tulisan yang Anda buat, hal ini juga mendukung buat SEO dengan memasukkan ALT tag pada gambar tersebut, misalkan artikel Anda mengenai "Sandal Jepit" maka Anda bisa memasukkan tag tersebut ke dalam ke ALT menjadi Alt="sendal jepit" dalam source Html image. Oh iya, sebaiknya nama file gambar (atau file apapun) yang kita upload akan memiliki direct link/url, sama seperti url halaman blog kita, karena sedikit banyak hal ini juga membantu proses optimasi sebuah halaman blog.

Sebenarnya mungkin masih banyak sekali kriteria-kriteria lainnya yang perlu diperhatikan lagi untuk membuat artikel atau konten yang sempurna bagi SEO, namun jika Anda mecermati dan melakukan beberapa point diatas dengan baik maka sepertinya sudah cukup untuk bisa bersaing di Serp, namun tentu saja teknik ini hanya mencakup teknik Onpage, dan jika memungkinkan juga lakukan teknik SEO Offpage nya agar hasil optimasi lebih maksimal, bagaimana strategi Offpage yang bagus? silahkan coba cari referensinya di Google.

Ok sekian dulu dan satu lagi, untuk membuat Optimasi sebuah blog semakin mulus juga diperlukan Template yang mendukung lo, untuk itu silahkan coba fast load Blogger template ini siapa tau cocok buat Anda. Good luck. :)

Cara Membuat Artikel Konten Yang Memenuhi Kriteria SEO Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 komentar: